Mengenal Lebih dalam Mengenai Potensi di Desa Slopeng

Potensi-potensi yang ada di Desa Slopeng



Desa Slopeng membumi karena keindahan pantainya. Dengan keindahan pantai yang dimiliki hasil lautnya sangat melimpah. Hasil laut yang menjadi tangkapan terbanyak di desa Slopeng salah satunya adalah ikan cakalang. Hasil laut yang diperoleh biasanya di jual langsung oleh para nelayan. Namun, sebagian masyarakat juga mengolah terlebih dahulu untuk mendapatkan nilai tambah. 
Hasil laut yang kemudian diolah dan menjadi produk unggulan desa ini yaitu ikan asin dan juga petis dari ikan pindang.

Selain hasil laut yang melimpah, hasil bumi yang sangat potensial untuk dikembangkan lagi didesa ini yaitu cabai, kacang tanah dan jagung. Cabai yang dibudidayakan oleh petani rata-rata bertahan dan berbuah sampai satu tahun. Dengan estimasi waktu tanam tersebut desa ini tidak pernah mengalami kekurangan cabai. Selain tanaman cabai para petani desa ini menanam kacang tanah dan jagung dengan sistem tumpang sari untuk Hasil yang didapatkan lebih maksimal. Setiap petani rata-rata semua menanam ketiga tanaman tersebut dimusim kemarau sedangkan dimusim penghujan tetap menanam padi. 

Bidang peternakan yang menjadi andalan desa slopeng yaitu sapi. Dengan adanya perlombaan sapi sono' setiap keluarga di desa slopeng seperti wajib memelihara sapi. 

Bidang kesenian tak kalah menarik untuk dikembangkan didesa ini. Kesenian tari topeng yang sudah mendunia telah beberapa kali tampil di mancanegara. 

Dengan beberapa keunggulan desa slopeng, sangat mudah untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Tidak ada komentar